"Goes_3 iS L3oGirl"

Rabu, 25 November 2009

MUSIK TRADISIONAL DI KUANSING

ART OFCULTURE
GUSTRI ROBI WALA
X2
RONALDO ROZALINO,S.Sn

1.Berikan contoh music tradisional didaerah kalian masing-masing. Minimal 2…!

Music tradisional yang ada didaerah saya,Kabupaten Kuantan Singingi adalah randai dan gondang berarak. Randai adalah suatu kesenian tradisional yang telah mendarah daging bagi Kabupaten Kuantan Singingi. Randai Kuantan membawakan suatu cedrita yang sudah disusun sedemikian rupa dengan dialog dan pantun logat Melayu Kuantan, disertai lagu-lagu Melayu Kuantan sebagai paningkah babak-babak cerita. Sedangkan gondang berarak adalah pengiring lagu sebagai selingan dari cerita yang ditampilkan.

2. Jelaskan ciri-cirinya!

Randai : Dalam randai biasanya terdapat bujang gadi ( laki-laki yang berdandan seperti perempuan )dan diadakan selama 3-4 jam. Biasanya dalam randai terdapat terdapat 30 orang pemain,dan jumlah pemain tergantung dengan cerita yan g dibawakan. Randai dipertunjukan pada acara pesta perkawinan,sunatan,doa padang,kenduri kampong dan acara lainnya.
Gondang berarak : pemain dari gondang berarak hanya terdiri dari 12 orang, gondang berarak diadakan ditengah lapangan dan menyanyikan lgu daerah yang kira-kira dinyanyikan ± 10 menit.

3. Sebutkan Instrumen yang dipakai dalam music tradisional tersebut!

Randai : yang digunakan dalam randai adalah piul/biola,gondang,serunai,dan lapri.
Gondang berarak : Dalam gondang berarak instrument yang digunakan adalah biola/piul,gendang,ketipung,salung,pluit,dan gondang piul.

4. Jelaskan fungsi dari music tradisional tersebut!

Randai : randai berfungsi sebagai sarana komunikasi antara satu daerah dengan daerah lain di Kabupaten Kuantan Singingi,randai juga berfungsi sebagai penghibur acara-acara hajatan yang diadakan.

5.Adakah cirri khusus music tradisional tersebut…???

Randai cirri-ciri khususnya adalah mengajak orang-orang ( penonton ) untuk menari bersama dan biasanya membentuk lingkaran dan menari seuai irama dalm hentakan kaki yang sama.
Sedangkan gondang berarak menggunakan pakaian adat melayu dalam menampilkannya.

6. Sebutkan instrument tradisional atau modern menurut jenisnya!

1. idiophone

Idiophone adalah alat music yang bunyinya bersumber dari alat music itu sendiri. Contohnya : angklung,gong,calempong dll.


2. Membranophone

Membranophone adalah alat music yang bunyinya bersumber dari kulit yang diregangkan. Contohnya : gendang,rebbana,tifa,dll.

3. aerophone

Aerophone adalah alat music yang bunyinya berasal dari getaran udara5. kordophone

Kordophone adalah alat music yang bunyinya berasal dari getaran dawai. Contohnya : gitar,kecapi,dll.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda